Wow, Bersedekah hampir semua kekayaan yang dimiliki

Tokoh ini unik dan menarik. Imigran miskin dari skotlandia yang pindah ke Amerika Serikat. Menjelma menjadi orang terkaya di eranya. 


Andrew Carnegie
Andrew Carnegie adalah pengusaha baja dan terkaya di dunia pada era 1900an. kemudia ia sumbangkan 90% kekayaannya untuk kemanusiaan. Andrew Carnegie beda dengan Dale Carnegie. Kalau Dale Carnegie terkenal gara2 bukunya : how to win friends and influence people. Nah, Andrew Carnegie ini kebetulan saja sama namanya dengan Dale Carnegie. Ndak ada hubungan apa-apa. Andrew terkenal karena pernah jadi terkaya di dunia.

Andrew Carnegie ini menyumbang 90% kekayaannya untuk membantu orang-orang yang tidak punya. Berapa total harta yang dia sedekahkan? Lebih kurang Rp 1000 triliun. Andrew Carnegie  inilah yang menjadi peletak dasar tradisi filantropi (kedermawanan) yang sekarang diikuti oleh Bill Gates dan Warren Buffet.

Ada filosofi dahsyat dari Andrew Carnegie :
  1. Habiskan 1/3 waktu hidupmu untuk belajar ilmu sebanyak-banyaknya.
  2. Habiskan 1/3 kedua hidupmu untuk cari uang sebanyak-banyaknya.
  3. Dan habiskan 1/3 akhir hidupmu untuk menyedekahkan seluruh hartamu.

Dan dia jalankan prinsip itu. Di 1/3 akhir hidupnya, dia sibuk bangun kampus/sekolah/perpustakaan gratis, dengan dana 1000 triliun tadi. Filosofi Andrew Carnegie menginspirasi Bill Gates, Warren dan Buffet untuk bikin gerakan "Giving Pledge". Syarat jadi anggotanya keren. Kita bisa jadi anggota giving pledge jika bersedia sign diatas materai yang isinya rela menyedekahkan 50% kekayaan untuk membantu sesama.

Keren juga kalo ada gerakan seperti Giving Pledge disini. Mengajak entrepreneur yang kaya untuk sedekahkan minimal 50% kekayaannya demi kemuliaan. Itulah mungkin spirit sufipreneur : mencari kekayaan bukan demi dirinya sendiri, namun agar bisa bersedekah lebih banyak buat sesama. Spirit sufipreneur adalah bertekad memberikan minimal 50% kekayaannya untuk kemuliaan sesama dan alam semesta. Bill Gates dan Warren Buffet sendiri sudah bilang akan menyumbangkan 99% kekayaannya untuk kemanusiaan. 99%! Meniru spirit Andrew Carnegie.
 spirit sufipreneur : mencari kekayaan bukan demi dirinya sendiri, namun agar bisa bersedekah lebih banyak buat sesama.
Bagaimana agar bisa donasikan minimal 50% kekayaan untuk kemanusiaan? Mungkin salah satunya adlah kita harus kaya raya dulu. Sebab kalo hidup kita sendiri pas-pasan, boro-boro kasih 50% buat sedekah. Wong cicilan Vario saja masih suka telat. :-p Maka supaya terasa mudah, income kita sendiri sudah berada pada angka yang masif - agar meski sedekah 50% tetap oke oke saja saldonya.
 Earn more. Spend less. Give more
Filosofi Giving Pledge (give 50%) itu mungkin layak diperjuangkan juga disini. Spirit sufipreneur mungkin bisa membantu perwujudannya. Earn more. Spend less. Give more. Ini spirit sufipreneur. Net income 100 jt/bln, hidup sederhana, and give more. Jangan kebalik. Earningnya pas-pasan. Spending boros karena gengsi. Giving-nya zero.

Sumber: 
https://twitter .com/Strategi_Bisnis