Internet Marketing

Setelah anda membaca resensi Buku Deep Work, disebutkan sebuah kegiatan atau kesibukan yang begitu mengasikkan dan menyita waktu tetapi tidak menghasilkan disebut sebagai Shallow Work. Salah satu ‘gangguan’ terbesar itu disebabkan oleh adanya Gadget. 


Berikut ini kita akan membahas bagaimana merubah kebiasaan jelek tersebut menjadi kebiasaan yang menghasilkan pendapatan MakNyus. Aplikasi Gadget yang paling sering menyibukkan adalah Facebook dan Twitter. Berikut ini adalah Salah satu cara bagus untuk merubahnya.

Internet Marketing itu MakNyus

Follow akun2/page berkualitas di Facebook

Caranya adalah sbb, Pilih dan follow 25 fanpage berkualitas sesuai minat anda, Lalu datang langsung ke 25 fanpage tadi. Kemudian ubah setting follow menjadi "see first". Maka secara otomatis, newsfeed kita akan dipenuhi update status berkualitas dari 25 page yang kita pilih tadi.... See first adalah fitur FB yang bisa membuat laman fb kita menjadi "lebih bersih" dan "lebih berkualitas". Bukan penuh status sampah yang tidak jelas.
“Dulu admin suka mual kalo buka laman FB. Isinya kok penuh dg status dangkal. Banyak friends yang ndak jelas isi statusnya. Banyak juga friends yang share berita2 sampah. Laman FB malah jadi bikin bete dan emosi.”
Bisa juga menggunakan fitur unfollow/unfriend tetapi disarankan jika merasa perlu saja. Untuk unfollow bisa kita terapkan untuk teman yang kita kenal baik, dan unfriend dapat digunakan jika friends kita penuh dan untuk memberi kesempatan teman yang berkualitas lainnya. Tp agak ribet. 

Solusi yang lebih baik adalah pake fitur See First.

Pilih akun page FB yang bagus, dan jadikan status mereka sebagai see first. Laman FB jadi maknyus. Fanpage yang anda follow dan jadikan see first (prioritas) sesuaikan dengan minat anda. Misal page tentang bisnis, start up, dll. Beberapa contoh page yang admin follow dan jadikan see first : businessweek, forbes, malcolm gladwell, dan jurnal harvard business review. Fitur see first membuat laman FB kita jadi lebih tercerahkan, karena dipenuhi status2 elegan dari akun/page berkualitas yang anda follow. Fitur "see first" membuat laman FB kita jadi steril dari status2 tidak jelas, foto selfie, pamer, atau status sampah yang dangkal. 

Awal Juli ini FB buat algoritme baru, dimana status dari friend/family akan lebih diprioritaskan daripada status dari fanpage. FB akan lebih memprioritaskan status dari friend/family daripada status dari fanpage karena mungkin supaya isi laman fb jadi lebih "akrab dan intim". Namun FB mungkin lupa dengan profil user yang lebih suka dengan status dari fanpage, daripada status friend yang sering tidak jelas isinya. 
“Kalau untuk sharing, admin lebih intens sharing di twitter. Kalo di FB lebih banyak share link artikel2 dari blog dan juga pasang Fb Ads.”
Sebagai Internet Marketer, user FB yang berubah jadi pelanggan email value-nya bisa 20 kali lebih tinggi daripada sekedar jadi liker fanpage kita. Sekarang sedang melakukan eksperimen FB Ad yang mudah2an berhasil. Eksperimennya : pasang fb ad untuk mengajak user jadi pelanggan email. Dari analisa yang dilakukan, biaya untuk mendapatkan satu pelanggan email dari FB user adalah Rp 1000/user. Jadi jika target dapat 10 ribu pelanggan email, maka biaya FB Ad yang harus dikeluarkan adalah Rp 10 juta. Budget yang cukup banyak. Tapi dari analisa dilakukan 10 ribu pelanggan email itu bisa hasilkan Rp 100 juta per tahun. #FBExperiment Jadi dengan cost FB Ad sebanyak 10 juta, hasilnya adalah 100 juta/thn. ROI-nya adalah 10 kali lipat. Belum tahu apakah eksperimen FB Ad ini akan berhasil atau tidak. Namun dari analisa yang sudah proven, jika kita punya 10 ribu pelanggan email, kemungkinan besar anda dapat profit 100 juta/thn. Proven. Dan jika anda punya data pelanggan email 100 ribu, maka profit setahun adalah 1 milyar. "
"Ini sudah proven dan admin sudah membuktikannya. Email marketing is very very powerful”. 
Maka kita rela spend Rp 10 juta untuk dapatkan 10 ribu pelanggan email. Kesalahan fatal newbie adalah mengabaikan kekuatan dahsyat dari database pelanggan email. Dan tidak mulai membangun list email (list building). 

Bagaimana membangun pelanggan email yang loyal? Dimulai dengan membangun blog dengan topik spesifik dan diisi dengan konsisten. Ingat prinsip deliberate practice : isi blog anda minimal seminggu sekali, selama 5 tahun tanpa henti. Deep work. Jangan mudah menyerah. Pasang target : update 2x/minggu dan dalam 9 bulan visitor blog harus sudah tembus seribu per day. Lakukan "deep work". Be resilient. Kalo pengunjung blog sudah 1000/day, anda akan relatif mudah menjaring pelanggan email. Ini KOENTJI untak dapat uang dari blog. Targetkan dapat 1000 pelanggan email/bulan. Atau 33  per hari. Dalam setahun anda bisa dpt 12 ribu pelanggan email. Kalo anda punya 10 ribu pelanggan email, hampir pasti anda akan dapat profit 100 juta/tahun. 
“Kenanglah selalu kalimat proven itu. Bagaimana cara dapat 10 ribu pelanggan email? Via blog yang diisi dengan konsisten. Kegigihan anda diuji disini. Sayang banyak yang menyerah. “
Bisa juga dikombinasikan dengan pasang FB Ads. Mungkin lebih cepat datangkan pelanggan email, namun butuh biaya. Cara yang lebih murah dan natural memang via blog. Asal isinya terus diupdate seminggu sekali dan mutunya renyah. 
“Untuk bisa menulis konten yang cukup bagus secara teratur, harus banyak baca. Targetkan baca majalah/buku berkualitas 10 halaman/malam.” 
Tidak tau kenapa banyak orang mudah menyerah ditengah jalan. Mungkn karena "smartphone syndrome" : ingin semudah klik klik langsung jadi kaya. Internet marketer adalah salah satu profesi yang amat menjanjikan. Ilmunya juga tidak susah2 amat. Yang sulit : kegigihan untuk action dan praktek. Anda bisa beli buku/ikut kursus/seminar tentang internet marketing,  tapi kalo blognya jarang diupdate, ya semua omong kosong.

Sumber:


https://twitter .com/Strategi_Bisnis