GRIT The Power of Passion and Perseverance

Resensi kali ini membahas Buku Grit yang ditulis oleh Prof. Angela Duckworth, seorang psikolog dari Univ. Pennsylvania. Grit atau Resilient dapat diartikan secara bebas sebagai Daya Juang yaitu Kegigihan untuk bertindak mewujudkan tujuan/impian hingga tuntas. 

GRIT
Penelitian2 yang dilakukan beliau menunjukkan bahwa elemen GRIT (Keuletan) ternyata punya peran amat krusial bagi sukses hidup kita. Kegigihan, Daya juang dan ketekunan untuk mewujudkan apa yang menjadi cita-cita itu adalah kunci masa depan hidup sejahtera. Contoh perwujudan GRIT antara lain adalah menulis update blog tiap minggu tanpa henti selama 9 tahun. Jika tak punya daya juang kuat hal itu mustahil. Contoh lain adalah projek menulis buku hingga tuntas atau mengeksekusi ide bisnis hingga menjadi kenyataan dan terus ditumbuhkan hingga berhasil. GRIT mendorong kita untuk fokus pada sebuah GOAL yang menantang sampai tuntas, tak mudah menyerah dan tak mudah kehilangan fokus. GRIT juga mampu mendorong kita untuk monogoal secara gigih, tidak mudah gonta-ganti minat yang bergantung pada mood/selera.

Ada 3 Elemen dalam buku ini yang membantu kita untuk fokus dan konsisten menekuni GOAL untuk terus gigih berjuang.

Grit Driver #1: Your Goal is Your Lover.
Tujuan atau Impian atau Cita-Cita yang kita kejar mati-matian haruslah merupakan passion atau sesuai yang kita cintai. Impian yang memukau tidak mudah diraih, adabanyak rintangan menghadang dan siap menghempaskan kita dalam jalan kegagalan yang gelap nan kelam. Tanpa rasa Cinta terhadap impian yang ingin diwujudkan, tanpa passion terhadap tujuan yang ingin diraih, maka kita akan mudah terkapar dalam lorong sunyi kekalahan. Rasa cinta kita terhadap cita-cita hidup yang diraih adalah kunci, sebab rasa cinta itu yang akan terus membuat kita melangkah dan tak mudah menyerah.

"Melakukan Update Blog setiap senin pagi selama 9 tahun tanpa henti, /KONSISTEN/, Kenapa bisa? Karena Blogging adalah deep passion. True Love"

___Sekarang, Apa impian kita?, Apa tujuan hidup kita? dan yang terpenting: Apakah tujuan itu ada dalam bidang yang kita sukai?, yang kita cintai dengan sepenuh jiwa?.___

Rencanakan proyek pribadi kita masing-masing dan pastikan projek ini berada dalam area yang kita sukai. GRIT kita pelan-pelan akan tumbuh mekar.

"Life is
too short
to do a job
that you don't love"

GRIT Driver#2: Punya Tujuan dan Target yang jelas.
Saat kita berjuang meraih impian, kita wajib punya tujuan dan target yang jelas. Tujuan bisa dipetakan menjadi dua, yaitu: finansial dan non-financial (Tujuan yang berarti).Contoh: Daya juang dan kegigihan untuk terus blogging karena didorong dua tujuan. Dua tujuan inilah yang membuat kita terus bergerak. Tujuan pertama admin blogging adalah terus berbagi ilmu yang bermanfaat pada sesama. Tujuan ini yang menyemangati kita untuk terus gigih berjuang. GRIT kami bisa terus tumbuh karena apa yang kami kerjakan dan menjadi passion, digerakkan oleh spirit membawa manfaat dan kebajikan bagi sesama. Tujuan kedua lebih menyangkut target finansial. Kita lebih bersemangat dan terus mau berjuang karena ada Great Financial Reward. Kombinasi Tujuan finansial dan non-finansial akan menjadi penggerak daya juang kita dalam merajut cita-cita yang diangankan. Prof. Angela menulis, GRIT kita akan lebih mekar jika kita yakin hasil dari pekerjaan/bisnis kita bisa membawa manfaat bagi sesama dan alam semesta.

___Apa Projek Pribadi Kita?, Apa Tujuan Finansialnya?, dan apa Tujuan Non-Finansialnya? Petakan dengan jelas. Demi Daya Juangmu.

" Banyak orang bekerja dan Berbisnis hanya demi UANG. It's Fine. Tapi tanpa tujuan yang lebih mulia, hidup akan terasa kering dan tak bermakna."

GRIT Driver#3: Hope. Harapan.
GRIT kita akan mekar jika kita memiliki harapan bahwa apa yang kita kerjakan itu akan berujung sukses. Kita punya harapan bahwa perjuangan kita itu kelak akan membawa hasil yang bagus. Harapan Asli, Bukan PHP alias Pemberi Harapan Palsu. dan harapan itu akan terus menyala (bukan meredup lalu mati) jika ada Sense Of Progress (Tanda Kemajuan). Kita merasa yang kita kerjakan pelan-pelan berhasil. Sense of progress ini adalah kunci. Kita terus gigih Ngeblog karena setiap bulan pengunjung bertambah banyak. Atau pelanggan Email Naik Terus. Contoh sense of Progress yang lain. Tiap bulan Omzet Naik. Atau Tiap Tahun bisa rilis satu Produk baru. Intinya: Selalu ada Pergerakan Maju. Sense of Progress ini dapat dilakukan dengan cara memecah GOAL menjadi Small Goal. Contoh: Jika Goalnya adalah Mau Nulis Buku, maka Small Goalnya adalah setiap hari menulis 5 Halaman.

"Memecah goal menjadi Small Goal untuk memudahkan pelaksanaan.Saat melakukannya dengan mudah,maka disitulah ada sense of progress." 

Dalam ilmu perilaku disebut sebagai baby steps. Impian yang heroik akan menjadi kenyataan jika kita memecah menjadi Small Goal yang mudah dilakukan.

Demikian Resesesi Buku GRIT, The Power of Passion and Perseverance, Temukan 3P (Passion, Purpose dan Progress) ini maka daya juang kita akan terus menyala. Menemani kita dalam perjalanan hidup.

Sumber:
https://twitter .com/Strategi_Bisnis Tanggal Akses 11 Juli 2016.