Buku Deep Work, Rules for Focused Success in a Distracted World

Buku Deep Work, Rules for Focused Success in a Distracted World merupakan Bestseller kategori bisnis pada Jurnal WallStreet, Buku Terbaik Amazon Januari 2016 dan telah dibaca 800 CEO dalam seminggu. 

Deep Work
Buku ini membahas bagaimana kita bisa melakukan Deep Work ditengah besarnya gangguan besar yang tidak kita sadari. Deep work artinya menekuni aktivitas yg membutuhkan fokus, deep thinking, dan benar2 krusial bagi masa depan kita. Lawan dari deep work adalah shallow work,yaitu: aktivitas yang dangkal, tidak fokus, penuh distraksi dan tidak memunculkan big impact bagi nasib kita. 

Deep work artinya menekuni aktivitas yg membutuhkan fokus, deep thinking, dan benar2 krusial bagi masa depan kita.

Buku itu menulis bahwa gadget yang penuh distraksi seperti status social media, notifikasi group wa, scroll2 dan klik2 telah membuat kita sulit fokus. Gadget yang penuh distraksi sering membuat otak kita makin sulit membangun konsentrasi untuk melakukan deep thinking. Status2 dangkal yang terus mengalir di social media ditambah plus puluhan notifikasi Whatsapp (WA) sering membuat kita terjebak dalam shallow activities. Shallow activities maknanya: kelihatan sibuk menghabiskan waktu, tapi sebenarnya tidak memberikan hasil nyata bagi perbaikan nasib kita.

shallow work,yaitu: aktivitas yang dangkal, tidak fokus, penuh distraksi dan tidak memunculkan big impact bagi nasib kita. 

Distraksi tanpa henti dari gadget ini sering membuat kita terlalu banyak membuang waktu untuk shallow activities. Klik, klik, scroll, scroll, tap, tap. Terus berulang seperti itu. Pelan2 sel otak kita dilatih untuk terus "melompat-lompat penuh distraksi". Dalam jangka panjang, kebiasaan klik2, scroll2, tap2 seperti itu membuat sel otak kita makin susah fokus dan sulit konsentrasi untuk deep thinking. Padahal nasib dan income kita akan stagnan jika kita gagal melakukan deep thinking dan deep work. Nasib kita akan stagnan jika terus terjebak dan buang2 waktu dalam shallow activities (aktivitas dangkal yang tidak menghasilkan impact). 
Distraksi adalah gangguan baik dalam kegiatan yang kita sadari maupun tidak, termasuk hal-hal yang terlihat menyenangkan.
Deep work diawali dengan identifikasi area2 kunci yang benar2 akan berdampak nyata bagi peningkatan nasib dan income kita. Contoh, jika kita seorang internet marketer maka salah satu area paling kunci adalah bagaimana menghasilkan konten yang WOW secara konsisten. Maka deep work yang harus dilakoni adalah berjibaku habis2an untuk belajar dan lalu praktek untuk menghasilkan konten yang remarkable. 

Deep work yang harus dilakukan misalnya menghasilkan konten tulisan blog sepanjang 5000 kata, isinya mendalam, WOW dan layak dikenang. Konten tulisan blog 5000 kata yang isinya wow adalah deep work. Status tidak jelas di grup WA atau FB adalah shallow work. Beda jauh impactnya. Nah di era yang serba distraktif, kita kadang gagal melakukan deep work. Ada yang terjebak dalam shallow work yang dangkal dan tidak menghasilkan. 

Dalam era serba distraktif ini kadang kita makin malas melakukan deep thinking. Wajar jika nasib dan income kita stagnan. Bagaimana bisa nasib dan income kita berubah jika kita makin malas melakukan deep thinking dan deep work? Sangat butuh fokus dan ketekunan. Hal yang agak kelam adalah tren ledakan socmed dan smartphone justru membikin sel otak kita makin sulit melakukan deep thinking. Itulah salah satu kesimpulan kelam dari buku ini. 

Setelah kita bisa mengidentifikasi area2 kunci yang paling berdampak terhadap peningkatan nasib/income, maka fokuskan energi/pikiran ke area tsb. Lakukan deep thinking dan deep work dalam area tsb. Tumpahkan energi dan daya kognisi anda untk melakukan deep work dalam area kunci tsb. Sering terjadi, sejumlah orang buang2 waktu untuk aktivitas yang sama sekali tidak berdampak pada peningkatan income. Zero impact. Menghabiskan waktu berjam2 untuk aktivitas yg kelihatannya seru tapi tidak menghasilkan. Dan aktivitas yang menghasilkan malah jarang disentuh. Kita kehilangan waktu saat terjebak dalam shallow acitivities : aktivitas dangkal dan tidak menghasilkan. Di usia 35 tahun malah banyak hutang. Tanpa deep thinking dan deep work, kita akan gagal menghasilkan jejak karya yang bermakna. Wajar jika hidup jadi serba kekurangan. 

"Keep stalking.
Keep learning. 
Stay hungry.
Stay foolish."

Sumber:
http://calnewport .com/books/deep-work, Tanggal Akses 12 Juli 2016
https://twitter .com/Strategi_Bisnis, Tanggal Akses 11 Juli 2016