Piramida Pembelajaran

Tulisan bagus dari Pak Bi, pakar Branding.
MENGAPA SAYA MEMILIH WORKSHOP DAN TRAIN-THE-TRAINER?

Setelah 2 tahun saya keliling lebih dari 30 kota mengisi berbagai seminar dan membuka kelas, di tahun 2016 ini saya mengucapkan selamat tinggal pada Seminar dan kelas ofline. Alasannya hanya karena saya ingin murid2 saya menguasai ilmu branding lebih banyak.

Menurut tabel dibawah ini, mendengarkan guru mengajar di depan kelas hasilnya dibawah 10%. Dengan bantuan bacaan hasilnya naik menjadi 10%. Dengan bantuan audio-visual hasilnya meningkat menjadi 20%. Dengan menampikan demonstrasi hasilnya meningkat menjadi 30%.

Diskusi akan memningkatkan hasil menjadi 50%. Masalah yang sering saya hadapi, sesi tanya jawab atau sesi diskusi selalu berubah menjadi sesi KONSULTASI dan ajang DEBAT. Jadinya kontra produktif.

Dengan Practice Doing hasilnya meningkat secara signifikan menjadi 75%. Dan dengan Teach-Others hasilnya meningkat secara signifikan menjadi 90% penyerapan ilmu.

Karena itu di tahun 2016 ini saya hanya akan melayani undangan Workshop dengan Practice-Doing dan Train-The-Trainer dengan Teach-Others.

Kelas dan seminar hanya akan saya lakukan lewat Kelas-Online-Berbayar di subiakto.net dan webinar di website yang sama.

Semoga usaha saya ini akan mempercepat kematangan ilmu Branding teman2 UKM khususnya mengingat kita sudah masuk #MEA sebagai ajang perang terbuka.

#KelasOnline #WorshopBrandingdanPackaging #BrandInAction #AllAboutBrand #PakarBranding