Antok, Toyip dan Pilkada serentak.

Antok, Toyip dan Pilkada serentak.

Sentiment-Engine
Baru saja si Antok dikontak oleh rekannya di Jakarta, rekan itu sebut saja Toyip. Toyip ini sahabat Antok semasa kuliah sarjana di Surabaya. Saat, ini Antok Ndosen + Mroyek IT di kota Surabaya, Sedangkan Toyip merantau ke Jakarta dan menjadi Konsultan IT.

Toyip mengabarkan bahwa hari ini pilkada serentak gelombang pertama dilakukan 9 Desember 2015 [1] melibatkan 269 daerah [2] dengan biaya kampanye tiap calon antara 2-15 milyar[3], saat ini Toyip sudah memegang komitmen dari calon-calon di 50 daerah dengan anggaran kampanye media sosial sebesar 100juta-1,5milyar per calon. Toyip menambahkan bahwa semua calon saat ini melalui survey internal mereka rata-rata baru meraih 30-35% suara dan diharapkan melalui media sosial yang baik akan ada peningkatan minimal 5%. Toyip berharap benar kepada sahabatnya ini, si Antok untuk menjadi konsultannya dengan fee 10% fix dan tambahan 10% jika calon menang dari nilai total kontrak. masa kontrak hanya 6 bulan.


Sederhananya, Jika semua calon gagal Antok tetap menerima 10% x minimal 100juta x 50 calon = 500juta dalam waktu 6 bulan. Nilai yang fantastis buat Antok.

Antok dan tim risetnya, sangat kapable dibidang ini secara literasi pendidikan, penelitiannya dibidang jaringan cerdas multimedia sangat cocok dengan projek ini. Kemampuan timnya menggunakan Sentiment Engine dan puluhan Tool analisis merupakan hal yang tak terbantahkan. Toyip tahu betul, bagaimana kekuatan media sosial yang dikelola dengan baik akan berkorelasi hasil di lapangan.

Sekarang si Antok Galau, Studi S3nya belum kelar. Tanggung Jawabnya di Kampus menumpuk. Mroyeknya bulan Juli-Desember sedang rame-ramenya. Bagaimana Saranmu teman?

Referensi:
[1] http://nasional.kompas.com/read/2015/07/23/16112351/Gelar.Pilkada.Serentak.9.Desember.Diwacanakan.Libur.Nasional
[2] http://news.liputan6.com/read/2273691/mendagri-dana-pilkada-serentak-269-daerah-selesai-usai-lebaran
[3] http://jpnn.com/read/2015/03/13/292169/KPU-Batasi-Biaya-Kampanye-Pilkada-Paling-Tinggi-Rp-15-Miliar