Hidup Susah

Bismillah,

Jika merasa hidup ini susah, apa saja yang dilakukan sepertinya salah, merintis usaha selalu gagal meskipun segalanya telah dipersiapkan dengan baik.

Selalu ingatlah kembali kepada Orangtua kita. Mungkin ini disebabkan mengabaikan mereka. Barangsiapa yang Memuliakan orangtuanya maka Allah akan memuliakannya baik di dunia maupun di akhirat kelak.

Ingat-ingatlah perkataan mereka yang kita abaikan, perkataan mereka yang kita pertentangkan.
Segera temui, cium tangan, meminta maaf dan meminta doa agar dilancarkan segala usaha kita.

“Dan Tuhanmu telah memerintahkan supaya kamu jangan menyembah selain Dia dan hendaklah kamu berbuat baik pada ibu bapakmu dengan sebaik-baiknya. Jika salah seorang di antara keduanya atau kedua-duanya sampai berumur lanjut dalam pemeliharaanmu, maka sekali-kali janganlah kamu mengatakan kepada keduanya perkataan “ah” dan janganlah kamu membentak mereka dan ucapkanlah kepada mereka perkataan yang mulia.” (QS. Al- Isra’ [17]: 23).

“Bersyukurlah kepadaKu dan kepada dua orang ibu bapakmu, hanya kepada-Kulah kembalimu.” (QS. Luqman [31]: 14).

“Celaka, sekali lagi celaka, dan sekali lagi celaka orang yang mendapatkan kedua orang tuanya berusia lanjut, salah satunya atau keduanya, tetapi (dengan itu) dia tidak masuk syurga.”
[Hadits Riwayat Muslim 2551, Ahmad 2:254, 346]

Suatu ketika, seorang sahabat bernama Jahimah pernah datang kepada Nabi dan berkata, “Ya Rasulullah aku ingin ikut perang dan aku datang kepadamu untuk meminta saran”. Rasulullah pun bertanya, “Apakah kamu masih mempunyai ibu?” “Ya, masih,” jawabnya. Maka beliau bersabda, “Kalau begitu, temanilah ia, karena surga itu terletak di kedua kakinya.” (HR. Ahmad).