Menciptakan Kehidupan Masyarakat di Web

MySpace & Facebook

Tahun 2003, MySpace didirikan oleh Tom Anderson dan Chris DeWolfe. Terinspirasi oleh Match.com dan Friendster, mereka berdua adalah Entrepreneur dari Los Angeles yang membuat sebuah pengalaman komunitas online untuk para muda. Tetapi tidak seperti situs sosialmedia lainnya saat itu, MySpace dapat memberikan dan membuat penasaran penggunanya dengan fasilitas membuat website pribadi untuk berbagi kata dan gambar dengan anggota lainnya. Mereka juga mendesain MySpace sehingga memudahkan pemusik terhubung dengan penggemar. Menurut Anderson,”Ide saat itu luar biasa dilakukan secara online.”

MySpace secara cepat sukses dalam 3 tahun mencari website yang paling populer. Pada tahun 2005, MySpace dibeli oleh Raja Media Rupert Murdoch dari News Corp. senilai 580 Juta dollar amerika. Tetapi tahun 2008, MySpace kehilangan kepopulerannya oleh Facebook. Facebook yang didirikan hanya 4 tahun sebelumnya oleh mahasiswa asal Harvard, Mark Zuckenberg. Facebook adalah desain orisinal dari mahasiswa Harvard. Saat ini, Facebook menjadi situs sosial media paling populer di dunia dan menghasilkan lebih dari 1 milyar dollar amerika setiap tahun hanya dengan menyediakan tempat untuk ratusan juta anggota yang dapat membuat dan membagi komentar, konten dan koneksi.

Dunia Online Facebook dan MySpace tidaklah bebas masalah. pengguna yang tidak curiga membagikan informasi dan foto kepada “teman” yang dapat merek percaya dan hanya teman mereka yang dapat melihat kiriman tsb. Pengintai online, pelecehan dan kejadian kekerasan memaksa kedua perusahaan itu kesulitan membuat keseimbangan antara keamanan pribadi dan privasi , sama halnya keadaan yang terjadi pada dunia bukan digital.

Sumber:
Digital Planet: Tomorrow’s Technology and You, 10/e

Re-post: https://www.cahyo.web.id/blog/menciptakan-kehidupan-masyarakat-di-web/